Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permintaan Individu dan Permintaan Pasar

Permintaaan individu adalah jumlah suatu komoditi yang bersedia dibeli individu selama periode waktu tertentu merupakan fungsi dari atau tergantung pada harga komoditi itu, pendapatan individu, harga komoditi lain, dan citarasa individu. 


Sedangkan permintaan pasar untuk suatu komoditi menunjukan jumlah alternatif dari komoditi yang diminta per periode waktu, pada berbagai harga alternatif oleh semua individu di dalam pasar. Jadi, permintaan pasar untuk suatu komoditi tergantung pada semua faktor yang menentukan permintaan individu dan selanjutnya pada jumlah pembeli komoditi tersebut di pasar. Secara geometris, kurva permintaan pasar untuk suatu komoditi diperoleh melalui penjumlahan horizontal dari semua kurva permintaan individu untuk komoditi itu. Misalnya jika terdapat dua individu yang identik (1 dan 2) di pasar, masing- masing dengan permintaan untuk momoditi X, Qdx = 8-Px, maka permintaan pasar (QDx) diperoleh seperti ditunjukan pada tabel dan gambar berikut (Salvatore, 1993).
Permintaan Individu dan Permintaan Pasar


Permintaan Individu Dan Permintaan Pasar


Kurva permintaan pasar untuk komoditi X (Dx) akan bergeser apabila kurva permintaan individu bergeser (kecuali pergeseran yang terakhir menetralisir satu sama lain) dan akan berubah dari waktu ke waktu bila jumlah konsumen di pasar untuk komoditi X berubah (Salvatore, 1993).

Sumber:
Diah, (2012). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil (Studi Kasus Di Sentra Industri Kecil Ikan Asin Di Kota Tegal). Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012.

1 comment for "Permintaan Individu dan Permintaan Pasar"

  1. Admin, bagaimana kalau ada keadaan ketika demand pada harga yang lebih tinggi sama dengan demand saat harga yang rendah?

    ReplyDelete